Pembelajaran yang Mengasyikan Lewat “Outing Class “

oleh Harry Suswiyanto

Melatih kerja otak kiri dan kana yang memliki kemampuan berbeda secara bersamaan, banyak orang berpendapat bahwa “ orang-orang dengan otak kiri yang lebih dominan katanya pintar matematika, sementara otak kanan unggul dalam kreativitas”.  Bagaimana  jika kemampuan otak kiri dan kanan seimbang???

Melatih berfikir dalam lima hal, pertama seorang siswa harus berfikir mengenal siap dirinya dan potensinya sehingga ia mampu mengenali kekurangan diri lalu memperbaikinya dan menempatkan dirinya secara optimal.

Kedua, ia dilatih untuk mengenali situasi lingkungannya sehingga  bisa mendapatkan manfaat lingkungaanya, jangan sampai kita begitu mengenal sejarah-sejarah negara lain  akan tetapi kita seperti terasing dengan lingkungan kita sendiri yang justru sudah semestinya kita harus mempelajari, merawat, dan menjaganya.

Ketiga, ia dilatih bagaimana membuat perencanaan. Plan your work and work your plan ( rencanakan kerjamu dan kerjakan rencanamu).  Pada hal ini kita harus mempunyai motivasi  “gagal dalam merencanakan berarti merencanakan gagal”. Terlihat mudah seperti kalimatnya, akan tetapi justru ini adalah dasar dari setiap pembelajaran dalam hal apapun, karena kita harus memiliki standar agar dalam melakukan setiap kegiatan mendekati kesuksesan.

Keempat, mereka dilatih untuk mengevaluasi setiap tugasnya, misalnya dalam kegiatan kali ini. Setelah kegiatan outing class ini berakhir,  evaluasi kegiattan pembelajaran dan juga target hasil  kedepan.

Kelima,  membentuk karakter SDM ( sumber daya siswa ) yang baik secara spiritual dan skill.

Lima hal ini lah yang mendasari kegiatan-kegiatan yang  baru-baru ini dilaksanakan oleh siswa-siswi SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung,  lewat pembelajaran diluar kelas atau  “Outing Class  Sejarah yang diampu oleh Ustad Ahmad Arqom,S.Psi  proses pembelajaran yang memang tak hanya selalu diruang kelas, tujuannya agar siswa  bisa  lebih dalam mengenal, memahami sejarah dilingkungan sekitarnya dan juga memberikan ruang kreatifitas lebih kepada siswa-sisiwi aga mampu berkerja sama dalam  kelompok.

Rabu, 28 maret 2018 berlokasi di Situs Liyangan Dsn. Purbosari  Ds. Ngadirejo kabupaten  Temanggung, kali ini  siswa-siswi diberikan tugas  untuk  mencari informasi tentang Situs Liyangan dan kemudian mempresentasikannya langsung dilokasi  dan  dibuat sebuah VLOG ( video long ) sebagai tugas akhir dalam kegiatan tersebut.

You may also like...

1 Response

  1. Ardiyan says:

    Pembelajaran yang asik….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *