SMK Grafika Al-Mu’min Muhammadiyah Temanggung Juara III Lomba Pidato B Arab

 



Wonosobo – Univwersitas Sains Al-Qur’an Wonosobo (UUNSIQ) gelar Lomba Bahasa Arab tingkat SMA/MA/SMK se-Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung dan Wonosobo pada Senin, 16 Mei 2016. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswa di empat Kabupaten tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih serta meningkatkan kelancaran dalam berbahasa arab. Kegiatan ini berlangsung di kampus setempat.
Dibawah Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (HMP PBA) UNSIQ, kegiatan Lomb Bahasa Arab ini dapat diselenggarakan dengan lancar. Dengan membuka 4 (empat) cabang lomba, panitia sukses membuat para peresta tetap hikmat mengikuti kegiatan sampai akhir. Ke-empat cabang lomba tersebut adalah Pidato Bahasa Arab, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Bahasa Arab, Kaligrafi, serta menanyi Bahasa Arab.
Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini menjadi kegiatan yang cukup dianti kehadirannya oleh para siswa. Selain sebagai wadah untuk berekspresi, siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan untuk dapat tampil di depan forum. Adalah Yuni Sartika siswa kelas X SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang berhasil menyabet Juara 3 cabang lomba Pidato Bahasa Arab, ia menuturkan “Sempat grogi dan tidak fokus ketika dilokasi perlombaan, para peserta bagus-bagus, namun sayang ada yang lupa bunyi naskahnya saat ditengah pidato.”
Panitia telah menutup pendaftaran kegiatan Lomba Bahasa arab sejak satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Optimalisasi Nilai-nilai Pendidikan Bahasa Arab di Bumi Nusantara’ ini memperebutkan trophy serta uang pembinaan senilai Rp. 3.000.000. “Sangat senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini, dapat mengasah kemampuan Berbahasa Arab, meskipun tidak dapat juara 1 ataupun 2,” lanjut Yuni Sartika mengungkapkan kepada terasjateng.com.
Persaingan dalam kegiatan ini cukup ketat, mengingat kegiatan ini semakin diminati oleh siswa, hal ini juga dapat dilihat dari jumlah cabang perlombaan Bahasa Arab pada tahun ini. Kampus yang memiliki visi Tercapainya Kampus yang Berbudaya Ilmiah dan Islami menuju Bangsa yang Beradab ini perlu terus berinovasi untuk membuat kegiatan serupa. “Semoga kedepan dapat meraih juara pertama.” Pungkas Yuni Sartika menutup perbincangan dengan terasjateng.com. (Riza Fitroh Kurniasih)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.