PR. IPM SMK Al-Mu’min Muhammadiyah siap menjadi Wirausaha Muda

Penyakit lahir itu diakibatkan  penyakit qolbu  sebagian besar, jadi  bagaiman cara mengobatinya : obatnya sederhana  “saya tidak mau diperdaya,  dipenjara oleh prilkaku orang lain, saya tidak mau diatur oleh perilaku buruk orang lain, saya hanya mau diatur oleh apa yang Allah sukai.  Orang lain mau ngomong  jelek itu pilihan dia, kenapa kita harus ikut ngomong jelek ?? kalo mereka ngomong jelek, kita ngomong jelek mau ngapain  sekolah tinggi-tinggi kalo bisanya cuma niru keburukan orang lain, kita punya  standar yang Allah sukai makanya ketika mereka ngomong jelek, kita ngomong  baik saja”  begitulah apa yang disampaikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar  yang akrab kita pangil dengan sebutan Aa Gym pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhiid yang  berada di kota Bandung, akan tetapi pagi ini selasa, 13 maret 2018 tepat pukul 04.28wib *(waktu dilayar laptop menunjukan)  tidak akan membahas beliau siapa dan bagaimana karena sudah banyak dari kita yang mengetahui profilnya.

Sambil mengusap kepala , terdengar beberapa pengeras suara masjid mengumandangkan adzan pertanda sudah tiba waktunya sholat subuh. Terbesit dalam ingatan akan kegiatan yang telah diselengarakan oleh  anak-anak PR.IPM SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang dikemas dalam acara Training Vocational Motivation,  acara yang bisa dibilang sangat bagus karena anak-anak pengurus IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah ) Smk ini mampu menghadirkan Ust. Muhammad Lazim  beliau dalah Owner Moeurup Grup dan Sambel Tobat Temanggung yang usahanya sudah berada diberbagai kota di jawa tengah seperti Temanggung, Magelang. Wonosobo, Parakan, Klaten,Kebuen dan beberapa kota lainnya di Jawa Tengah.  Dengan mengusung tema “Menumbuhkah Jiwa Entrepreneur Muda yang Handal dan Islami” yang diharapkan kegiatan semacam ini benar-benar mampu membekali dan mempersiapkan calon pengusaha muda yang  handal dan islami yang akhir-akhir ini hampir disetiap kota diindonesia banyak pergerakan umat muslim kearah ini, yaitu dakwah ekonomi berjuang untuk mensejahterakan umat secara berjamaah.

Acara ini dimulai  tepat pukul 09.30 wib yang dipusatkan di Masjid Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak  kampus 1  Jl. KH. Abdurrahman Purwodadi Tembarak Temanggung, dimulai dengan beberapa acara pembuka diantaranya sambutan Ust. Herry Rusmanto,S.Pd ( kepala sekola Smk Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak  )dan Ust, Syamsuri Adnan (Pengasuh Pondok Pesantren ) yang kemudian berlanjut pembacan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu siswa kelas XB Produksi Grafika  atas nama Eri Afriadi.

Secara garis besar ada beberapa poin yang  ust. Muhammad Lazim sampaikan dalam kesempatan ini yaitu tentang Enterpreneur, Leadership dan spiritual.  Tiga hal tersebut harus dimiliki setiap muslim diera seperti saat ini, karena memang tantangan zaman semacam ini yang menjadikann kita harus mampu bersaing terutama dengan sekelompok orang  yang selama ini sebenarnya memanfaatkan kita, khususnya kaum muslimin untuk membeli produk-produk kapitallis dan secara tidak langsung kita telah dijajah lewat produk-produk mereka.

Pada kesempatan kali ini anak-anak Smk Al-Mu’min muhammadiyah Tembarak Temanggung  juga diberi beberapa ilmu pemahaman seputar wirausaha dan hal-hal yang harus mereka persiapkan dalam menjawab tantangan zaman, seperti beberapa yang saya baca dalam tulisan oleh salah satu siswa kelas XB Produksi Grafika   Kurniawan Dyas Anthony ini, ada beberapa cara untuk menjdi seorang pengusaha antara lain:

  1. Keberuntungan,
  2. Orang yang berbakat,
  3. Orang yang memiliki banyak kesempatan .

Jika ingin menjadi seorang pengusaha harus memiliki mental yang kuat tidak boleh putus asa, selalu fokos pada tujuan, memang untuk hal itu membutuhkan proses yang panjang. Ada cara lain untuk mempelajari mindset wirausaha, yaitu:

  1. Pola Berteman, “ lima teman mu, sangat berpengaruh akan hasil yang akan kamu dapatkan” maka dari itu mulailah dari sekarang untuk mencari teman-teman yang benar-benar kita persiapkan dan kita ajak untuk melihat jauh ke depan.
  2. Silaturahim, Dalam agama kita, kita mengenal hal ini bahwa “silaturahmi memperpanjang umur, silaturahmi memudahkan rezeki” dan ini ternyata memang benar, karena apa ? ketika kita menjalin hubungan yang baik dengan sesama atau kawan-kawan kita, ini akan berimbas ke arah yang positif, dan jika hal ini terjadi bukan tidak mungkin keberkahan dan manfaat-manfaatnya akan kita rasakan secara terus-menerus.
  3. Jalan-jalan, Jalan-jalan dalam hal ini tak perlu ke jauh-jauh. Cukup daerah sekitar kita yang memang kita rasakan sagat banyak macam-macam usaha sepanjang jalan tersebut untuk bisa kita ambil ilmunya, juga bisa juga untuk membuka ide serta wawasan kita jauh kedepan soal potensi usaha yang baik.

4. Profile,Sampai saat ini, begitu banyak buku-buku yang membahas tentang para pengusaha-pengusaha sukses yang                  sebenarnya tak sedikit dari mereka memeulainya benar-benar dari nol. Dengan kita banyak membaca dan mengetahui            profil-profil para pelaku wirausaha tersebut, bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan kemauan yang kuat untuk terus            berusaha mewujudkan impian-impian kita.

Ust. Muhammad Lazim  juga mengatakan ada juga cara untuk membranding, yaitu:

  1. BangunKarakter Cara ini sangat bagus yaitu kita yang belum mengetahui karakter kita harus terlebih dahulu menggali karakter pada diri kita agar muncul.
  2. Bangun Kompetensi Didalam membangun hal ini ada 3 hal yaitu: jadilah orang yang pertama, jadilah orang yang terbaik, danjadilah orang yang memiliki keunikan tersendiri.
  3. Bangun Kepercayaan Dimana jika kita ingin membangun perusahaan, kita harus percaya dan yakin terhadap apa yang menjadi tujuan hidup kita kita.

~ semoga bermanfaat~

You may also like...

2 Responses

  1. Ahmad says:

    Sangat menginspirasi

  2. farisa says:

    sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *