Ciptakan Pendidikan Berkarakter melalui Fotografi

oleh Harry Suswiyanto

Pendidikan yang berkarakter dan profisional akhir-akhir ini mulai sulit untuk kita temukan, karena kebanyakan dari  sekolah pada umumnya saat ini hanya  mengedepankan kecerdasaan secara  prestasi semata. Namun tidak demikian dengan Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, lewat salah satu dari tiga unit pendidikan yang dimilikinya yakni  MTs (Madrasah Tsanawiyah ) Al-Mu’min Muhamaadiyah, meski keberadaannya yang sudah cukup lama sejak tahun 1982, ternyata tidak memupuskan lahirnya  ide-ide kreatif yang mereka gunakan untuk  mengemas  proses  pendidikan yang mereka tawarkan agar  senantiyasa baik  dan terus sesuai dengan perkembangan zaman.

Hal ini terbukti dengan kegiatan Penerimaan Peserta Diidik Baru tahun 2018-2019 yang baru saja dilaksanaakan  ahad 25 maret 2018 di kompleks pondok, dengan jumlah peserta pendaftar gelombang pertama kurang lebih sebanyak 125 santri yang berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah dan DIY.

Dalam tes penerimaan peseta didik baru kali ini, calon santri yang sudah terdaftar harus mengikuti bebera tahapan tes yang sudah disiapkan oleh tim PPDB, dari mulai tes Baca Tulis Al-Qur’an, psikotes, wawancara santri dan juga wali santri. Tak hanya itu saja, peserta tes secara teratur difoto satu persatu oleh Siswa-siswi SMK Al-Mu’min Muhammadiyah yang kemudian foto tersebut dicetak langsung untuk diberikan sebagai souvenir  kepada peserta/ calon santri baru yang dikemas dalam sebuah bingkai  kayu ranting pohon yang sudah dipersiapkan oleh santri MTs sebelumnya*(hasil dari pembelajaran prakarya ).

Kerja sama antar santri di Pondok pesantren Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak Temanggung, baik dari unit MTs, SMK ( Sekolah menengah kejuruan ) dan Madrasah Aliyah semacam ini adalah contoh baik  pendidikan karakter yang diberlakukan  di lingkungan  Pondok Pesantren.

Fotografi yang akihr-akhir ini juga banyak diminati para remaja juga dihadirkan dalam proses pembelajaran SMK Al-Mu’min Muhaammadiyah Tembarak Temanggung, karena lewat fotografi semacam ini juga dapat melatih mental siswa-siswi untuk berani tampi didepan khalayak dalam sebuah forum,  dan juga bisa sebagai  pemicu atau  menyalurkan bakat sehingga karakter-karakter positif masing-masing anak akan  tumbuh dan terus berkembang.

You may also like...

4 Responses

  1. adalwine adalard says:

    Huuu.. I like it…and nice and also perfect…

  2. Ahmad says:

    Teruslah berkarya…

  3. Sani says:

    Bagaimana cara mendaftar di smk al mu’min?

    • Harry Suswiyanto says:

      bisa lewat online ataupun datang langsung ke kampus SMK Al-mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *