KHUTBAH TA’ARUF : Bentuk Karakter Islami Santri

TEMANGGUNG—Khutbah Ta’aruf Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak tahun pelajaran 2017/2018 di halaman kampus I di Dusun Temanggungan, Desa Purwodadi, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, akhir pekan lalu, cukup khidmat.  Kegiatan ini ikuti oleh wali murid  semua satuan pendidikan. Mulai Madrasah Tsnawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA),  dan  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Temanya: Membangun Kesepahaman Santri, Wali Santri, dan Pondok Al-Mu’min Muhammadiyah dalam Mewujudkan Visi pendidikan Islam yang Berkualitas.

Ketua Panitia Ta’aruf, Imam Su’ono, menuturkan, kegiatan Ta’aruf kali ini, tamu undangan disuguhi pentas seni dari tiga unit satuan pendidikian.  Menurut Imam, tamu undangan mengapresiasi semua yang ditampilkan oleh anak didik. “Penampilan yang maksimal dari para siswa, tidak lepas semangat berlatih dan belajar sungguh-sungguh para siswa serta bimbingan dari para guru.”

Direktur Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, Syamsuri Adnan, menekankan kepada semua wali murid untuk ikhlas menyerahkan anak- anaknya dididik di Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah.

“Pendidikan anak-anak secara umum, jika tidak dibekali dengan dasar-dasar ilmu agama yang kuat, akan memberikan kehancuran dan kerugian yang luar biasa baik di dunia maupun di akhirat. Oleh sebab itu, peran pendidikan agama sangat penting.” Wakil Direktur Bidang Pendidikan Makmun Pitoyo menambahkan, di  Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak  ada tata tertib yang harus ditaati. Seperti larangan merokok, membawa alat elektronik seperti HP, dan larangan-larangan lainnya.

Dikatakan, penyelenggaraan Khutbah Ta’aruf bertujuan mengenalkan Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada dua hal. Yakni, terbentuknya karakter Islami pada diri santri, berakidah shohihah, berakhlak mulia, beribadah dengan benar, bermu’amalah dengan baik, dan berwawasan luas. Selanjutya,  terwujudnya proses pendidikan yang berkualitas, sehingga menghasilkan tamatan yang cerdas, tanggap, jujur, santun dan siap memajukan bangsa dan NKRI.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *