Tiga Santri Smk Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak siap ke Purbalingga

Temanggung, 05 juni 2018, (SMKAMU – Smk Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung ). Setelah melalui tahapan pendaftaran dan juga seleksi yang dilakukan oleh pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI )  tiga santri SMK Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak Temanggung dan satu guru pembimbing berhak mewakili kabupaten Temanggung sebagai salah satu peserta  dari 600 sekolah se-indonesia dalam acara Perkemahan  Ilmiah Remaja Nasional ( PIRN ) yang  akan berlangsung pada tanggal 8-15 juli 2018 di Purbalingga, setelah di tahun sebelumnya acar yang serupa juga digelar  di Aceh.

“Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk anak-anak, karena dalam perkembangan piskologi anak-anak dewasa ini dengan rasa keinginan tauan yang tinggi mereka harus dibekali ilmu-ilmu terapan yang langsung bersinggungan langsung dengan masyarakat, bukan hanya itu saja  disini mereka bisa belajar langsung menjadi seorang peneliti, karena selain mereka diajari dan dibimbing tentang penulisan karya ilmiah mereka juga akan meneliti kekayan alam, potensi daerah dan juga usaha masyarakat sekitar, mereka juga akan mendapatkan  pengalaman dari kegiatan terebut karena mereka akan bertemu dengan teman-teman baru yang sebaya perwakilan  sekolah-sekolah dari seluruh daerah yang ada di indonesia. Santri-santri yang mewakili Temanggung dan Smk Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak  tersebut ini adalah  kelas  satu/ X Desain Grafika yakni atas nama Alivatul Jannah, Ibtaguhl Bariroh, dan Febriana Putri Qutratu Ain, “ unkap Harry Suswiyanto selaku guru pembimbing dalam kegiatan tersebut.

Lalu apa sih PIRN itu ???

PIRN merupakan kegiatan pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan secara nasional untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai metodologi penelitian ilmiah serta etika penelitian. Pada tahun ini, PIRN XVII dapat diikuti peserta SMP, MTs, SMA, SMK dan MA sederajat

Kegiatan ini berupa pemberian materi metodologi penelitian dalam kelas di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik (IPA-Tek) dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Selain itu, akan dilakukan pelatihan penelitian di lapangan dan pembimbingan untuk menulis karya tulis ilmiah.

Dalam PIRN XVII Purbalingga akan ada agenda tambahan seperti : Science Shows, Pameran Sains dan Inspiring Dialog yang menghadirkan Public Figure maupun tokoh peneliti muda inspiratif.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan remaja di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian serta membimbing remaja melaksanakan penelitian ilmiah yang terkait dengan lingkungan sekitarnya. Di PIRN XVII ini juga akan diselenggarakan kegiatan workshop guru bagi guru pembimbing. Setiap sekolah dapat mendaftarkan 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pembimbing sebagai calon peserta. Acara ini hasil dari kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 8 – 15 Juli 2018 yang akan diikuti oleh 600 peserta.

Febriana Putri Qutratu Ain

You may also like...

6 Responses

  1. aysara says:

    kembangkan terus bakat menulisnya ….

  2. Harry says:

    Alhamdulillah semoga semakin berkah ilmunya

  3. Harry says:

    Alhamdulillah,,,, semoga ilmunya bermanfaat

  4. Fatimah says:

    Jayalah almamater ku

  5. Andi says:

    Good job adek-adeku

  6. aa rahmat says:

    Baraakallah.. al mulmin purwodasi twmbarak temanggung makin sukses berkiprah utk ummat dan berdayakan potensi santri utk kemaslahatan ummat.. baraakallahu fiikum.

    Mumtaz.. jangan pernah berhenti berkiprah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.